Senin, 21 September 2015

Adat Beserta Reusam Yang Ada di Aceh

Tags

Mata Lhoong | Adat di Aceh merupakan kehaursan yang dilakukan atau dijalankan oleh masyarakat setempat, begitu juga dengan reusam. Namun demikian, hal itu beda tempat juga berbeda adat dan reusam. Itu semua tergantung dari petua adat setempat di masing masing wilayah Aceh sendiri.

Kanduri blang, sebuah adat yang di lakukan oleh masyarakat Gampong Keutapang, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh pada tanggal 21 September 2015 di Meunasah Gampong Keutapang.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Senin/21/09/15, menandakan bahwa syukur mereka terhadap rezeki yang diberikan oleh yang Maha Kuasa, dengan harapan, untuk kedepan usaha yang mereka lakoni bisa bertambah.

Mata lhoong
Kanduri 

Kanduri blang yang sudah menjadi adat gampong, tidak hanya di Gampong Keutapang Kecamatan Lhoong saja, melainkan juga berjalan di berbagai gampong/ desa yang ada di Aceh.

Kanduri blang atau acara Adat ini diselenggarakan oleh masyarakat gampong yang baru menghasilkan panen padi. Kegiatan ini diadakan di meunasah serta di undang tokoh masyarakat setempat, tokoh kecamatan, dan anak yatim piatu untuk memeriahkan acara kanduri blang itu sendiri.

Yang lebih berkesannya, lagi, dari acara kanduru blang ini, tidak hanya sebatas makan-makan yang sudah disiapkan ileh kaum ibu, namun sangat banyak hal dari kegiatan itu yang dapat kita lihat.
Selain kekompakan dari masyarakat setempat, juga kebersamaan mereka yang patut kita contohkan.

kanduri

Suatu kewajiban dari sebelum membuka hidangan untuk dinikmati, maka ada hal yang harus dilakukan, yakni berdo'a secara bersama yang dipimpin oleh tengku atau imeum meunasah.

Itulah singkat cerita  dari artikel ini mengenai adat dan reusam khususnya kanduri blang yang diselenggarakan di Gampong Keutapan Kecamatn Lhoong.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon