Selasa, 13 Oktober 2015

Manfaat Tumbuhan Ciplukan Bagi Kesehatan

Tags

Mata Lhoong – Manfaat ciplukan untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi, karena tumbuhan yang satu ini sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan tumbuhan ciplukan penyakit yang ada bisa sembuh total. Banyak yang menginformasikan, bahwa buah ciplukan merupakan buah yang harganya sangat fantatis yakni 500.000 per kg. mungkin karena besar manfaat, maka harganya sesuai.

Tahukan Anda, bahwa tumbuhan ciplukan merupakan tumbuhan liar yang sangat mudah tumbuh pada area lahan yang baru dibersihkan. Tumbuhan ciplukan juga banyak yang menganggap sebagai rumput yang tidak ada manfaat sama sekali karena hanya terlihat tidak berguna.

Tumbuhan ciplukan
Ciplukan

Mungkin allah berkehendak lain, dibalik tumbuhan yang liar besar keuntungan yang bisa didapat oleh penderita penyakit. Seperti penyakit gula dalam darah, tanaman ini sangatlah manjur mengatasi masalah gula darah bahkan kolesterol. Tidak perlu ragu, karena dokter sudah mengakuinya, bahwa tumbuhan ciplukan bisa mengobati gula darah dan juga kolesterol. Untuk dapat menyembuhkan gula dalam darah, maka silahkan rebus tumbuhan ciplukan bersama akarnya, lalu minum air rebusan ini.

Ciplukan juga di kenal dengan adanya banyak nama daerah (lokal) seperti boh trueng pathue (Aceh), keceplokan, ciciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (beberapa Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan sebagainya.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, serta winter cherry. Sedang dalam bahasa ilmiah (latin) dikatakan sebagai Physalis angulata yang bersinonim dengan Physalis minima serta Physalis peruviana.

Timbulnya beragam manfaat ciplukan itu disebabkan ada sebagian kandungan yang ada didalam ciplukan seperti vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol serta lain sebagainya. Tanaman serta buah Ciplukan ini mempunyai peran juga sebagai antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralisir toksin serta anti hiperglikemi.


Nah, dari penjelasan di atas terkait beragam khasiat yang ada pada ciplukan, maka ketahuilah manfaat lain dari ciplukan untuk kesehatan yakni sebagai berikut:
  1. Dapat Bermanfaat Untuk Bisulan.
    Juga sebagai anti radang yang sangatlah bermanfaat, daun ciplukan juga bisa dipakai untuk menyembuhkan bisulan pada kulit. Langkahnya cukup gampang, yakni dengan memoleskan air rebusan daun ciplukan ke bisul yang tengah meradang. Tetapi pastian tangan anda dalam situasi bersih.
  2. Dapat Mempercepat Pengeringan Borok.
    Untuk yang menanggung derita sakit borok juga bisa diatasi dengan daun ciplukan. Cuma dengan menumbuk daun ciplukan dengan alu, lalu berikan pada borok yang tengah meradang. Borok yang tengah dihadapi bisa makin cepat jadi kering.
  3. Dapat Menyembuhkan Flu.
    Salah satu manfaat dari daun ciplukan lantaran khasiatnya yang bisa menyembuhkan seorang yang tengah diserang flu. Langkah pembuatan obatnya juga tidaklah suit yakni: Potong-potong daun ciplukan sampai jadi sebagian bagian Lalu rebus dengan air hingga mendidih. Lalu silahkan minum air rebusannya, sampai sembuh
  4. Dapat Menyembuhkan Pertusis.
    Daun ciplukan juga dapat dibuktikan bisa jadi obat untuk yang alami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan bisa meredakan batuk ini dengan cara alami dengan cara bertahap, tetapi tidak kembali pada.
  5. Dapat Menyembuhkan Kencing Manis.
    Manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari daun ciplukan adalah lantaran khasiatnya yang bisa menyembuhkan kencing manis. Pasien kencing manis cuma butuh meminum rebusan daun ciplukan dengan cara teratur supaya penyakit kencing manis bisa selekasnya hilang.
  6. Dapat Mengurangi Paru paru Basah.Manfaat daun ciplukan juga sangatlah besar untuk yang menanggung derita penyakit paru-paru basah.
    Terlebih air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi dengan teratur, bisa kurangi permasalahan kesehatan ini. 

Itulah manfaat ciplukan untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui. Ciplukan ini memang banyak yang menganggap remeh karena belum mencobanyanya. Namun, bila sudah mencoba ramuan serta khasian yang ada pada ciplukan, maka sudah tentu Anda akan mencari dimana ada tumbuhan ciplukan untuk Anda jadikan stok obat herbal. Semoga dengan informasi manfaat ciplukan ini dapat menyembuhkan penyakit yang dialami.

Artikel Terkait

2 komentar

HERBADREAM SOLO : 085702118190
Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontiyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

Informasi menarik, terimakasih juga infonya mas, semoga ada yang berminat.


EmoticonEmoticon