Minggu, 04 Oktober 2015

Fitur Autoplay di Facebook Menghabiskan Kouta Internet

Tags

Mata Lhoong | Facebook merupakan media sosial yang saat ini sangat efektif untuk berbagi berbagai informasi yang ada. Baik itu sifatnya iklan, maupun sponsor lainnya. Baru baru ini tanpa kita sadari yang bahwa berbagai video yang ada di media facebook ini, berputar secara otomatis, tanpa ada tombol stop atau pause.

Dengan adanya fitur autoplay, video di situs Facebook, baik itu melalui gadget maupun PC, seperti yang saya kutip di media aceh.tribunnews.com. Ini artinya, semua video yang ada di halaman Facebook Anda, maka secara otomatis akan langsung diputar, tanpa mengharuskan pengguna menekan tombol play.

Dengan demikian, Anda yang tidak tau mengenai dampak dari fitur autoplay itu, mulai sekarang terlebih dulu, pahamilah manfaat dari fitur autoplay tersebut. Mungkin sebagian pengguna media sosial seperti FB, fitur tersebut tentunya akan sangat membantu menghemat waktu. Mereka tidak perlu repot-repot menekan tombol untuk melihat video. Karena secara otomatis, video yang ada akan berputar dengan sendirinya.

Cara mengatur fitur autoplay facebook

Akan tetapi, untuk sebagian pengguna lagi, fitur tersebut bisa saja sangat menjengkelkan, terutama bagi yang mengaksesnya melalui aplikasi Facebook di perangkat mobile. Pasalnya, paket data internet bisa saja habis akibat pemutaran video yang sebenarnya belum tentu diinginkan oleh pengguna. Selain itu, pemutaran video ini juga bisa membuat baterai ponsel cepat berkurang. Facebook sebenarnya mengizinkan para penggunanya untuk mematikan fitur autoplay tersebut.

Cara Mengatasi atau Merubah Fitur Autoplay di facebook:
Untuk komputer atau laptop
Dari laman Facebook, klik "Option". Menu tersebut ada di bagian kanan atas dengan icon berbentuk gambar panah yang mengarah ke bagian bawah. Kemudian, klik "Settings" dan pilih "Videos" yang ada di bagian kiri layar. Dari menu "Videos", cari "Auto-play Videos", dan pindahkan pilihan dari "Default" ke "Off".


Untuk ponsel dan tablet
Ada beberapa pilihan autoplay untuk kedua perangkat tersebut, yakni "On", "WiFi Only", dan "Off".
Jika pengguna memilih "On", maka jumlah paket data yang digunakan tergantung dengan seberapa lama ia menyaksikan video. Apabila pengguna men-scroll laman melewati video di linimasa, video tersebut secara otomatis akan berhenti.

Jika Anda menggunakan jaringan WiFi, tidak ada paket data yang digunakan.
Setting ponsel berbasis Android
Buka aplikasi Facebook, tekan tombol "Menu", pilih "App Settings", cari "Videos Play Automatically", kemudian pilihlah "Off" jika ingin mematikannya.

Setting untuk iPhone dan iPad
Pilih "Settings" untuk iPhone atau iPad. Perhatikan, ini menu setting untuk iPhone dan iPad, bukan di aplikasi Facebook. Selanjutnya, cari Facebook. Tekan "Settings", cari "Video", kemudian pilih "Auto-play". Untuk mematikan fitur autoplay, tekan tombol "Off".

Demikian informasi mengenai fitur autoplay di media sosial facebook saat ini, yang baik itu bermanfaat atau tidak bagi pengguna fecebook itu sendiri. Dengan adanya informasi terkait cara mengatur sattingan di facebook, maka paket data Anda menjadi hemat kembali.
Sumber: Aceh Tribunnews

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon