Selasa, 13 Oktober 2015

Manfaat Buah Rambusa Untuk Kesehatan Kita

Tags

Mata Lhoong | Tumbuhan Rambusa atau sebutan nama lain yang mungkin anda kenal sesuai tempat tinggal anda sendiri. Yang pasti tumbuhan yang satu ini mudah didapatkan di pedesaan. Tumbuhan liar ini tumbuh di hutan, rawa rawa, ladang tandus, bahkan ada juga di perkarangan rumah yang berumput. Tanaman liar ini sering juga dijumpai di ladang bahkan di pinggiran sungai. Sedikit bercerita pengalaman semasa kecil, yang bahwa saya sendiri suka yang namanya buah rambusa ini, dan kami menyebutnya "boh ramboet bue" dalam bahasa Aceh.

buah rambusa

Mungkin berbeda dengan sebutan nama buah rambusa ini di daerah anda sendiri. karena kita tahu, beda daerah pasti berbeda namanya, walaupun buah yang sama hehehe. Boh ramboet bue (Buah Rambusa) rasanya yang enak malah hampir sama dengan rasa buah markisa. Rambusa merupakan salah satu tanaman yang tumbuh liar, buah tanaman ini mempunyai ukuran kecil yang khas dengan warna kuning terang jika matang dan terbungkus dengan selaput buahnya sendiri seperti bulu atau jaring-jaring. Tanaman ini mudah dijumpai pada daerah perdesaan karena pada umumnya rambusa tumbuh liar di hutan, perkarangan rumah dan perkarangan yang berumput.

Buah rambusa ini memang tidak diperdagangkan, karena bukan tubuhan budidayaan, melainkan tumbuhan liar yang sering dijumpai di hutan. Namun demikian, buah ini mengingatkan masa kecil dimana masa masa yang bebas tanpa mengenal beban serta tanggung jawab bagi yang kehidupannya di desa. Buah rambusa tidak hanya sebatas rasanya yang khas, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Selain enak untuk dikonsumsi buah ini juga mempunyai kandungan gizi yang melimpah sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah rambusa
Buah rambusa

Kandungan buah rambusa cukup banyak terdapat kandungan mineral seperti potassium, kalsium, dan zat besi. Kandungan potassiumnya sangat berguna bagi tubuh diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah stroke, mengontrol tekanan darah, serta menjaga sistem syaraf dan lain sebagainya.


Berikut ini saya uraikan beberapa manfaat dari buah rambusa yang saya kutip disalah satu blog/internet sebagai yakni berikut:
  1. Menjaga Kesehatan Tulang.
    Di dalam buah rambusa terdapat kandungan kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang, menyehatkan tulang, dan berguna untuk menjaga kepadatan tulang sehingga dapat terhindar dari resiko terkena osteoporosis. Maka dari itu rambusa disebut buah untuk obat tulang, karena dapat menyehatkan tulang anda.
  2. Mencegah Anemia.
    Pada buah rambusa terdapat kandungan zat besi yang berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah serta mengatasi penyakit anemia.
  3. Mencegah  Kanker.
    Pada buah rambusa juga terdapat zat antioksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid dan juga potassium. Kandungan ini tentu mempunyai kemampuan untuk menangkal efek radikal bebas, seperti pertumbuhan sel-sel kanker, serta merusak jaringan kulit.
  4. Mengontrol Tekanan Darah.
    Kandungan fitronutrien pada buah rambusa ini sangat sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena dapat mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.
  5. Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi.
    Buah rambusa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang Anda. Namun kandungan kalsium yang ada pada buah rambusa ini juga mampu menjaga kesehatan gusi dan gigi.
  6. Dapat Mengatasi Gangguan Ginjal.
    Kandungan mineral yang ada pada buah rambusa ini juga mampu untuk membantu fungsi ginjal dalam proses ekskresi urine.
  7. Mengurangi Rasa Stress.
    Nah yang terakhir dapat Anda ketahui juga yang bahwa, kandungan senyawa yang ada juga mampu meningkatkan hormon serta kondisi pikiran Anda. Kandungan zat senyawa pada buah rambusa dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat sehingga tubuh dan otak menjadi rileks.

Wah, boleh dibilang buah rambusa ini buah liar yang mudah tumbuh di rawa rawa bahkan pada ladang yang tidak terawat. Namun ketahuilah manfaat yang ada pada buah rambusa ini. Walaupun banyak manfaat yang terdapat pada buah rambusa ini, namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Untuk mengatasi penyakit yang ada, baiknya Anda konsultasikan dulu dengan ahli medis untuk mengatasi penyakit yang ada secara tradisional.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon