Senin, 12 Oktober 2015

Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan

Tags

Mata Lhoong - Pegagan dalam bahasa latin yaitu Centella asiatica yang merupakan tanaman liar serta mudah didapatkan di bawah pohon kelapa tepi pantai. Pegagan semacam rumput hijau dengan ukurannya lebih kurang satu meter. Tumbuhan pegagan juga berasal dari daerah Asia tropik, yang tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Cina, Jepang, dan juga Australia kemudian menyebar ke berbagai negara negara lainnya.

Manfaat tumbuhan (daun) pegagan untuk kesehatan

Sudah sejak zaman dulu, pegagan telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional seperti dapat mengatasi gangguan saraf dan juga dapat memperbaiki peredaran darah. Masyarakat desa seperti di Aceh, pegagan banyak dijadikan sebagai lalapan bahkan tumbuhan ini menjadi menu khas pada bulan ramadhan. Pegagan serta dicampur dengan rempah rempah lainnya akan dijadikan sob kuah khas Aceh.

Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan penutup tanah. Jenis pegagan yang banyak dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan, kering dan terbuka.


Kandungan yang ada pada pegagan
Pada tumbuhan pegagan ini mengandung seperti asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.

Dengan kandungan yang ada pada pegagan, maka dapat Anda temukan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya, pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, dapat melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat, meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh, serta menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon