Sabtu, 24 Oktober 2015

Manfaat Pohon Kuda Kuda Bagi Kehidupan Manusia

Tags

Mata Lhoong - Pohon kuda kuda yang dikenal hanya sebatas penahan sudut pagar bahkan buat pagar tanaman itu sendiri. Namun pada dasarnya pohon ini juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Selain bermanfaat untuk pagar tanaman, daunnya pun juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit, seperti panas dalam yang sering dirasakan pada saat cuaca ekstrim yang menyebabkan banyak diantara kita terkena sariawan.

Berbicara hidup sehat, mungkin seiring majunya zaman dan tahun demi tahun kita sudah tidak berkesan lagi dengan yang namanya obat tradisional. Padahal dengan obat tradisional ini selain lebih alami dan tidak ada efek sampingnya. Seperti yang kita ketahui, misalnya kita sedang dalam keadaan demam, dan pergi ke Apotek mengambil obat. Hal yang harus kita perhatikan adalah kualitas dosis yang terkandung pada obat tersebut, misalnya ada yang 500 mg dan ada yang 250 mg.

Manfaat daun kuda kuda
Daun kuda kuda

Dosis yang dimaksud di atas dapat berdampak bahaya bila anda salah menggunakan. Seperti yang kita tahu, sering kita baca pada obat yang diberikan dokter, 3 x 1. Itu berat anjurannya dalam sehari tiga kali minum bukan demikian. Dalam tiga kali minum sehari, anda juga harus tahu, besaran dosis yang diberikan dokter ke anda. Memang jarang sekali ada dokter yang menjelaskan dampak dari obat yang diberikan ke kita yang sakit, melainkan hanya sebatas tulisan tiga kali sehari atau sebagainya.

Fakta yang pernah maki alami dan berdasarkan saran dokter, namun kami sudah lupa nama dokter itu. Pernah sakit selama sebulan mungkin lebih, dan saya sudah bergantungan dengan obat dokter. Singkat cerita terakhir saya ambil obat jumpa dengan dokter yang sama, dan dia sudah mengenal saya itu karena sudah hampir tiap minggu saya ambil obat.

Terakir dia bertanya “sudah berapa lama anda sakit” dan saya pun menjawab “sebulan mungkin lebih” dia menceritakan efek samping dari mengkonsumsi obat yang dosisnya tinggi dan membuat saya terkejut. Memang obat yang di berikan membuat kita sembuh, namun efek sampingnya itu yang menakutkan.


Cara Menghindari Efek Samping Obat Dokter
Berdasarkan saran dokter yang menceritakan ke saya, yang bahwa untuk mengkonsumsi obat yang diberikan dokter, alangkah baiknya anda lihat dulu dosis yang diberikan, apakah 250mg atau 500mg. Bila anda diberikan obat yang sarannya tiga kali sehari, anda lihat dulu, bila dosisnya 250mg maka boleh boleh saja, karena dosisnya biasa.

Namun bila yang diberikan dosisnya 500mg, maka saran saya berdasarkan saran dokter, alangkah baiknya delapan jam sekali anda minum obat yang diberikannya. Mengapa demikian? Karena efek sampingnya itu dapat merusak hati anda, dengan dosis yang tinggi seperti 500mg.

Okee.. kembali ke manfaat pohon kuda kuda. Seperti yang saya jelaskan di atas mengenai manfaat pohon kuda kuda, tidak hanya pohonnya saja yang ber manfaat bagi kehidupan manusia, melainkan daunnya pun dapan menyembuhkan penyakit. Yaa anda tidak salah dengar, daun dan batangnya sama sama bermanfaat bagi manusia, dan kehidupan kita.

Manfaat Pohon Kuda Kuda
Seperti yang sudah diberitakan, mengenai manfaat pohon kuda kuda di media Serambi Indonesia (10/10/2015). Naufal Raziq berumur 13 tahun yang masih duduk di bangku kelas 2 MTsN Langsa Provinsi Aceh, dan juga pernah mendapatkan juara 2 Teknologi Tepat Guna (TTG) se Aceh pada tahun 2015. Naufal, ialah penemu Listrik dari tenaga pohon kuda kuda.

Kandungan energi listrik pada pohon kuda kuda
Naufal Raziq
Poto: Aceh Tribunnews

Temuan itu berwujud sederhana saja. Dua buah power supply berbentuk persegi panjang yang memuat kabel sebagai penghantar listrik serta kapasitor menghubungkan batang kuda-kuda untuk menghidupkan 8 buah lampu berkapasitas 3 watt. Arus listrik sangat ditentukan oleh kadar asam pada pohon. Namun menurut pengakuan, sejak dilakukan uji coba dari 2014 lalu, temuan Naufal sudah menelan biaya tak kurang dari Rp 14 juta.

Manfaat Daun Kuda Kuda
Secara medis, memang belum ada yang meresmikan daun kuda kuda bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun bila anda tinggal di pedesaan mungkin pasti tahu manyak daun yang ada disekeliling kita dapat bermanfaat bagi kesehatan, seperti daun kuda kuda yang saya maksud. Lalu apa manfaat dari daun kuda kuda ini? Yaaa,, manfaat dari daunnya ini bisa menyembuhkan panas dalam, dan sariawan.

Caranya gampang, ambil saja pucuknya lalu anda kunyah sebagaimana anda mengunyah sirih. Dan air dari daun kuda kuda yang anda kunyah itu yang anda minum. Dan itu juga tidak ada efek sampingnya sama sekali. Baik untuk panas dalam dan sariyawan yang sedang anda alami.

Kesimpulan
Dari apa yang sudah maki uraikan dalam artikel ini, tentu tidak memaksa anda untuk beralih ke cara tradisional dan mengabaikan resep dokter. Tidak sama sekali, disini matalhoong.com hanya menginformasikan apa yang diketahui berdasarkan informasi yang ada. Ada pun anda mengikuti cara tradisional, alangkah baiknya bila anda belum pernah, maka tanya dulu kepada orang terdekat anda yang sudah pernah dan terbiasa dengan cara tradisional, sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon