Jumat, 09 Oktober 2015

5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Tags

Mata Lhoong - Kandungan gizi yang ada pada sirsak yaitu lemak, natrium, kalsium, karbohidrat seperti serat pangan, gula. Sirsak juga mengandung protein yang tinggi seperti vitamin A, B 6, B12, C, dan vitamin D. Selanjutnya sirsak juga kaya dengan magnesium dan juga zat besi. Untuk itu, dengan kandungan yang ada, maka tidak dapat dipungkiri bahwa sirsak bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh.

Menurut catatan yang ada di Wikipedia, manfaat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih hebat dalam mengurus penyakit kanker ketimbang melakukan kemoterapi. Kesimpulan tersebut didapat dari hasil penelitian yang telah dilakukan, juga diperkuat oleh masyarakat kuno yang mewariskan wawasan mengenai tata cara memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Khasiat daun sirsak
Poto: firdaus45.com

Ditengah tahun 1965, para cendekiawan juga melakukan uji coba terhadap ekstrak daun sirsak dengan tujuan memberikan pembuktian pada masyarakat luas akan khasiat dari daun sirsak yang jauh lebih baik dari pada kemoterapi. Penelitian ini juga menelurkan hasil kalau ekstrak daun sirsak mampu memperlambat laju kembang sel kanker dalam tubuh pengidap.

National Cancer Institute juga membuktikan kabar yang tersiar 11 tahun silam pada pertengahan tahun 1976, dengan memilih batang atau ranting pohon sirsak dalam hal menangani kanker. Hasil positif didapat, ternyata daun dan batang sirsak mampu melawan dan menghancurkan sel-sel kanker yang ada. Peran tersebut ternyata diberkati oleh kandungan senyawa proaktif yang sangat tinggi dalam batang dan daun sirsak. Untuk itulah daun sirsak sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan dapat diyakinkan zat senyawa ini sulit ditemukan pada tumbuhan lain.

Baru-baru ini juga terjadi banyak studi berupa penelitian terhadap daun sirsak yang tingkat efektifitasnya dalam menangani seperti penyakit kanker prostat, pankreas dan juga paru-paru. Hasil riset ini ternyata telah ada sejak lama, hanya saja masih dirahasiakan karena dahulunya para peneliti masih takut membeberkan kabar yang belum pasti kebenarannya.


Manfaat Lainnya Daun Sirsak Bagi Kesehatan
Untuk mengenal lebih dalam seluk beluk daun sirsak, Anda bisa mencari referensi di situs-situs kesehatan ternama yang banyak mengulas tentang tanaman obat tradisional. Daun sirsak juga dikenal sebagai obat tradisional yang sangat mujarap dalam menyembuhkan penyakit, dan ini juga semua sudah diketahui.

Berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari daun sirsak untuk kesehatan sebagaimana dilansirkan pada laman manfaatnyasehat.com 1 Desember 2015 yakni, sebagai berikut:
  1. Daun Sirsak Mencegah Kanker.
    Khasiat daun sirsak yang pertama adalah mencegah dan mengobati kanker. Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel kanker. Zat proaktif didalam daun sirsak juga mampu melihat sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup. Karena itulah, daun sirsak ini dipecaya memiliki keampuhan hingga 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui kemoterapi.
    Cara mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak rutin setiap pagi dan sore selama beberapa minggu. Jika setidaknya anda sudah mencobanya selama 3 minggu, maka anda akan mulai merasakan efek bahwa tubuh anda sudah menjadi lebih ringan dari biasanya. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai tindakan yang anda ambil.
  2. Daun Sirsak Ampuh Mengobati Wasir.
    Manfaat daun sirsak yang kedua adalah sebagai obat penyembuh penyakit wasir. Seperti yang kita ketahui, wasir merupakan penyakit yang menyerang anus berupa pembengkakan. Pada kondisi yang sudah berbahaya, wasir akan menyebabkan anus sang penderita terasa sangat nyeri dan mengeluarkan darah.
    Uniknya, penyakit separah itu dapat diobati oleh daun dari tanaman yang tidak terduga yaitu daun sirsak. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan pada anus dan juga mampu membuat otot sekitar anus menjadi lebih rileks sehingga pembengkakan sedikit dei sedikit akan berkurang. Dengan begitu, penyakit tersebut akan dapat diatasi.
  3. Daun Sirsak Atasi Asam Urat.
    Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, purin banyak dikandung oleh buah belinjo. Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak.
    Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat. Selain menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirih juga berkahasiat sebagai pencegah penyakit diabetes mellitus.
  4. Daun Sirsak Dapat Menurunkan Kolestrol.
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh anda. Biasanya, kolesterol jahat ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan.
    Contoh makanan yang kaya akan kolesterol jahat adalah bebek goreng, ayam goreng, gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak. Apalagi jika saat penggorengan berlangsung, minyak goreng digunakan berkali-kali hingga warnanya menghitam. Disitulah kolesterol jahat yang kemudian akan masuk ke tubuh untuk menebar penyakit berbahaya.
  5. Daun Sirsak Juga Atasi Perut Kembung.
    Daun sirsak memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa dalam hal kesehatan. Selain manfaat sebagai mana sudah dipaparkan di atas, daun ini pun sangat ampuh atasi perut kembung akibat makanan yang kurang tepat pada waktunya. Perut kembung atau berangin biasanya sering diserang bagi anda yang gejala mag atau sudah mengalami penyakit maag. Nah daun ini juga sangat ampuh mengatasi penyakit yang satu ini.

Demikian informasi kandungan yang ada pada daun sirsak. Banyak kandungan senyawa aktif yang tentunya sangan baik untuk mengatasi masalah pada kesehatan. Maka dari itu, manfaat daun sirsak untuk kesehatan susah dapat dibuktikan oleh berbagai penelitian yang ada. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca matalhoong.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon