Senin, 23 November 2015

Manfaat Daun Ketepeng Bagi Kesehatan

Tags

Mata Lhoong  | Ketepeng merupakan tanaman berdaun bulat lonjong, dan tinggi pohon ini bisa mencapai satu sampai dengan dua meter lebih. Tanaman ini banyak ditemukan di rawa rawa yang tempatnya lembab. Pohon ketepeng atau gelinggang mudah didapatkan didaerah pedesaan, terkadang dapat kita jumpai di halaman rumah yang tanahnya lembab seperti payau.

Ketepeng atau daun gelinggang juga dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat bagi manusia. Mengapa tidak, daun ketepeng ini mampu mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal, panu, kurap dan lain sebagainya. Bahkan konon katanya bisa juga digunakan untuk penyakit panas dalam. Hanya sayang, jarang sekali orang yang mengetahui dan menggunakannya.

Daun gelinggang bisa mengobati
Temukan manfaat yang ada pada daun Ketepeng

Di daerah Aceh khususnya Aceh Besar, tanaman ini disebut “pohon glinggang”, mungkin berbeda sebutan dengan daerah Aceh lainnya, karena beda daerah beda juga sebutannya, tapi lebih terkenal dengan sebutan “Daun Ketepeng”, kalau di Malayasia disebut “Gelenggang Lembu” dan kalau istilah ilmiahnya katanya” Cassia alata, Linn”.

Orang yang tidak tahu, mungkin mengira daun ketepeng hanya sebagai tanaman biasa, atau tanaman liar seperti tanaman lainnya yang tumbuh dirawa rawa. Padahal kalau anda tahu cara menggunaannya tanaman ini sangat manjur untuk mengobati panu yang sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh anda.

Bisa dibayangkan kalau panu sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh, maka kita pasti sangat merasa risih dengan penyakit yang satu ini. Apa lagi bagi anda yang masih berumur remaja, pastinya anda dijauhi teman anda sendiri hanya gara gara penyakut kulit ini.


Panu merupakan salah satu gangguan kulit yang memang tidak berbahaya. Panu juga salah satu penyakit kulit yang disebablan oleh jamur. Namun jika hal ini dibiarkan maka akan sangat mengganggu. Dan bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan, maka penyakit kulit ini adalah salah satu musuh yang harus dimusnahkan. Panu bisa menimbulkan penampilan semakin terganggu karena akan memunculkan warna putih bercak di bagian tubuh anda.

Panu diakibatkan, karena anda jarang memperhatikan kesehtan kulit anda sendiri. Penyakit kulit ini juga mudah tertular bila anda sama golongan darah dengan mereka. Penyakit kulit ini disebabkan anda suka menggunakan pakaian yang sudah kotor bahkan pakaian yang berkeringat.

Cara Menghindari Dari Penyakit Panu
Hindari dari pakaian yang kotor dan berkeringat, karena ini bisa menyebabkan muculnya penyakit kulit seperti panu dan kurap. Jagalah kesehatan kulit anda sebelum penyakit ini mucul di bagian tubuh anda. Jangan suka mertukar pakaian bahkan handuk dengan orang lain, karena ini bisa menyebabkan tertular bila kawan anda sudah berpanu atau berkurap.

Solusi mengusir penyakit kulit seperti panu dan kurap
Seperti yang kami jelaskan di atas mengenai manfaat dari daun ketepeng. Daun ini sangatlah ampuh mengusir penyakit yang sangat mengganggu ini. Ketepeng juga mudah anda dapatkan dan tidah harus mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Secara tradisional daun ketepeng ini sangatlah ampuh mengusir penyakit kulit seperti panu dan kurap, dan ini terbukti. Anda juga dapat membuktikannya bila anda diserang penyakit kulit yang mengganggu ini.

Cara Menggunakannya
  1. Ambil daun ketepeng yang tidak terlalu tua atau terlalu muda secukupnya dan mudah untuk dinganggam, selanjutnya cuci sampai bersih.
  2. Tumbuk daunnya, tapi jangan terlalu halus. Campurkan garam dapur kurang lebih 1 sendok teh kedalam daun ketepeng yang anda tumbuk.
  3. Setelah selesai lalu anda gosokan pada bagian panu agak keras dikit. Daun ini bisa anda tumbuk, dan bisa juga anda gosok secara langsung kebagian tubuh anda yang terkena penyakit tersebut, dan campurkan dengan garam yang anda siapkan lalu gosok dimana ada panu dan kurap.
  4. Lakukan pada sore hari setelah mandi, dan sebaiknya pada hari libur, dan jangan kena air sampai esok hari (min 12 jam).
  5. Lakukan hal sama seminggu berikutnya (kecuali anda yang tidak punya kegiatan kerja kantor, karena bau daun ketepeng lumayan kurang enak).

Demikian cara alami usir penyakit kulit seperti panu dan kurap dengan daun ketepeng. Semoga bermanfaat, selanjutnya jaga kesehatan anda sebelum penyakit menyerang anda. Konsultasi dokter, karena ini merupakan tempat yang harus anda lakukan supaya memdapatkan solusi yang tepat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon