Senin, 16 November 2015

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Kita

Tags

Mata Lhoong | Jambu Biji merupakan jenis tumbuhan tropis, jambu biji ini juga mudah dijumpai di negara tropis seperti Indonesia. Pohon jambu biji ini sangat mudah dijumpai, karena banyak tumbuh di pekarangan sekitar rumah. Bahkan kita tidak perlu bersusah payah untuk menanamnya, karena pohon jambu biji ini dapat tumbuh sendiri.

Pohon jambu ini tumbuh dari biji yang sempat terbawa oleh hewan pemakan buah, seperti kelelawar atau sejenisnya. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan di media sosial, jambu biji ini pertama dibudidayakan di negara Brasil dan kemudian sampailah ke Indonesia dan beberapa negara tropis lainnya di Asia Tenggara.

Sampai saat ini, jambu biji semakin banyak ditemukan dengan berbagai jenisnya, misalnya jambu biji merah, jambu biji putih dan jambu biji Bangkok, bahkan banyak sekali jenis lain yang tidak tahu namanya, namun bentuk buahnya berbeda beda. Tumbuhan jambu biji ini dapat hidup secara liar, mungkin hanya beberapa kelompok masyarakat saja yang membudidayakan pohon jambu biji ini menjadi lahan bisnis, sebab jambu biji juga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Isi jambu biji yang manis

Secara ilmiah, buah jambu biji ini mempunyai nama Psidium Guajava. Dan mungkin, buah jambu biji ini juga memiliki nama yang unik berdasarkan wilayah masing masing. Seperti di Aceh buah jambu biji ini dinamakan dengan sebutan “Boh Geulima” bahkan mungkin beda daerah beda juga sebutan buah yang satu ini.

Kandungan yang terdapat pada jambu biji juga sangat banyak, mulai dari kandungan vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C. Selain itu, dalam jambu biji ini terdapat kandungan serat dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Jambu biji memiliki dua keunikan warna, satu warnanya merah dan satu lagi putih. Kedua jenis warna ini memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Kandungannya yang terdapat pada kedua jenis jambu ini hampir sama. Hanya ada sedikit perbedaan dari zat warna merah pada jenis jambu biji merah.

Satu yang menjadi keistimewaan dari jambu biji merah adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Kandungan zat warna merah dapat meningkatkan kadar darah dan mengganti sel darah merah yang terkena virus demam berdarah.


Jambu biji juga salah satu buah yang paling populer di Indonesia dan sangat mudah untuk ditemukan. Beberapa kandungan penting di dalam jambu biji seperti mineral dan vitamin mampu menyehatkan tubuh Anda. Bahkan jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain manfaat yang sudah diuraikan di atas, jambu biji juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan kita. Lalu apa saja manfaat selain penjelasan di atas?

Berikut beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh sebagaimana dilansirkan, merdeka.com yakni:
  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh.
    Jambu adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab jambu mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit.
  2. Anti Inflamasi.
    Kandungan lycopene di dalam jambu bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.
  3. Mencegah Kanker.
    Karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien, maka buah ini efektif untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin C dosis tinggi di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker.
  4. Menjaga Tekanan Darah.
    Jambu biji memiliki manfaat mengagumkan untuk menjaga tekanan darah. Sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah.
  5. Mencegah Penuaan Dini.
    Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.
  6. Mencegah Diabetes.
    Kandungan serat dalam jambu biji berfungsi sebagai obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula.
  7. Menyehatkan Kulit Secara Alami.
    Jambu biji mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksi, serta bisa membuat kulit Anda terlihat segar kembali.
  8. Meningkatkan Jumlah Darah.
    Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semuanya bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah Anda.

Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi makanan. Kandungan vitamin B3 dan B6 sangat baik untuk perkembangan rangsang otak dan menambah nafsu makan. Selain itu, jambu biji juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit sebagai mana sudah dijelaskan di atas. Bagi wanita yang ingin mempunyai kulit halus alami, kandungan vitamin C sangat baik untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat.

Untuk mengkonsumsi buah jambu biji ini, anda dapat memakannya secara langsung, seperti baru memetik buahnya langsung anda makan. Selain itu jambu biji juga dapat diolah menjadi jus segar. Sebaiknya ketika mengkonsumsi jambu biji di cuci terlebih dulu, dan tidak memakan dengan bijinya, karena biji dari jambu ini akan sulit dicerna oleh sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat dari buah jambu biji untuk kesehatan manusia. Anda dapat mengkonsumsinya kapan saja. Manfaatkan lah buah jambu biji ini, karena banyak sekali kandungan ekstrak yang bisa menyehatkan tubuh manusia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon