Rabu, 27 Januari 2016

Setujukah Anda Bila Cara Ini Dapat Memajukan Desa

Tags

Mata Lhoong – Majunya sebuah desa sangat diidamkan oleh kalangan masyarakat setempat. Apa lagi desa yang selalu dapat pujian positif dari desa tetangga merupakan satu kebanggaan tersendiri. Bayangkan bila desa anda tidak ada perkembangan sama sekali dibandingkan dengan desa desa lainnya. Hambatan tantangan membuat pemimpin desa terkuras pikiran hingga terkadang membuat mereka lelah dan kurangnya beristirahat.

Sangat inposible bila suatu desa tanpa ada tantangan dan hambatan untuk membuat desa mereka lebih maju dari pada desa tetangga. Hal ini juga dirasakan oleh para keucik yang memimpin desa masing masing tempat. Bagi mereka juga yang benar benar ingin memajukan sebuah desa binaan mereka juga harus memiliki ide ide cerdas sehingga desa binaan menjadi desa yang dapat dibanggakan.

Cara membangun desa yang baik

Majunya sebuah desa dengan cara yang sederhana merupakan adanya pemimpin yang kaya ide cerdas sehingga dapat membenahi dimana terdapat kekurangan pada sebuah desa. Pemimpin yang bijak, adil, dan terhormat merupakan pemimpin yang sangat bermasyarakat sehingga pemimpin tersebut dihormati dan disegani dalam sebuah desa.

Cara yang sederhana ini merupakan cara yang mengajak dan bukan menyuruh. Dan cara ini juga sangat jarang dilakukan oleh pemimpin. Mengajak, mengayomi, serta mendampingi merupakan cara yang sangat sederhana guna untuk membangun sebuah desa. Tentunya kekompakan, saling percaya satu sama lain juga sangat berperan penting untuk pendukung majunya sebuah desa.


Manyoritas masyarakat yang cerdas serta berpendidikan di sebuah desa, membuat pemimpin sangat mudah untuk mengajak dalam hal membangun desa. Dan ini tentunya juga memerlukan pemimpin yang cerdas dan berwawasan luas. Ketegasan dalam bersikap juga sangat diperlukan pada saat mengambil kesimpulan, menandakan desa memiliki pemimpin yang cerdas.

Sungguh disayangkan bila sebuah desa dipimpin oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan wewenang yang ada. Pemimpin ini biasanya hanya mengedepankan emosi serta ide konyol yang hanya menutupi kekurangannya semata. Yang sangat disayangkan bila sebuah desa memiliki SDM yang bisa diandalkan, namun tidak diberikan peluang bagi mereka untuk memberi ide cerdas guna dapat mendukung kemajuan desa mereka.

Pahlawan tanpa pamrih serta inisiatif yang tinggi sangat dibutuhkan guna dapat memajukan sebuah desa binaan. Kebersamaan, kekompakan, serta percaya satu sama lain membuat masyarakat dapat sepakat dan seide dalam bermasyarakat. Dan bila ini tidak terdapat pada desa anda, maka sosial budaya dalam bermasyarakat jelas berkurang.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon