Kamis, 07 Januari 2016

Waduk Keuliling Aceh Besar Merupakan Objek Wisata Menggoda

Tags

Mata Lhoong – Waduk keuliling Aceh Besar merupakan bendungan yang dibuat oleh pemerintah guna untuk menampung sejumlah banyak air yang dapat dipergunakan untuk persawahan. Pembangunan Waduk Keuliling ini terletak di Kecamatan Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi atau jalan Banda Aceh Medan Km 35 kecamata Cot Glie, Aceh besar Privinsi Aceh. Irigasi atau Waduk Keuliling mempunyai areal persawahan seluas 4.667 Ha, yang berada di kecamatan Cot Glie, Indrapuri, Suka Makmur dan Simpang Tiga sedangkan luas areal 809 Ha terletak di kecamatan Darul Imarah.

Sungai Keuliling merupakan salah satu sub-basin DPS Krueng Aceh yang mempunyai potensi air yang cukup besar untung meningkatkan penyediaan air baku dalam rangka memenuhi kebutuhan air untung Banda Aceh dan Aceh memenuhi Kebutuhan air untuk irigasi Krueng Aceh Exrtension dan Krueng Jreue seluas 3.159 Ha,juga dapat menunjang peningkatan areal sawah tadah hujan menjadi sawah beririgasi teknis seluas 1.508 Ha. (Kutipat pustaka.pu.go.id).

Baca Juga: Objek Wisata Lhok Seudu Pulet di Leupung

Selain berfungsi sebagai irigasi perairan persawahan juga sangat bermafaat bagi para wisatawan. Mengapa tidak, tempat ini sangat indah dah penuh pesona alam yang dapat di nikmati para pengunjung. Keunikan pada waduk keuliling aceh besar, terdapat pulau pulau kecil yang ada di tengah tengan danau. Selain itu waduk keuliling juga dapat dijadikan ajang tempat memancing ikan. Waaah.. tempat yang indah serta dapat memancing ikan air tawar yang ada di danau ini.

wisata waduk keliling aceh besar
Poto: www.id-photographer.com

Banyak diantar pengunjung wahana waduk keuliling ini memanfaatkan hari libur mereka. Tempat yang indah, lokasi yang luas membuat para wisatawan waduk keuliling terlihat puas pada saat memilih lokasi pancingan ikan. Banyak ikan yang dapat anda tangkap disini, selain ikan yang sudah lama hidup disini juga dilepaskan bibit atau benih baru oleh pemerintah.

Ikan yang dapat anda tangkap di wahana waduk keuliling merupakan ikan air tawar. Banyak jenis ikan air tawar yang hidup di wahana waduk keuliling, seperti ikan gabus, lele, belut, nila, bawal, dan sebagainya. Wah sungguh luar biasa bila para pengunjung waduk keuliling dapat menangkap ikan besar yang ada disana. selamat menikmati pesona alam waduk keuliling aceh Besar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon