Minggu, 29 Mei 2016

Ketahuilah Kelebihan Bulan Suci Ramadhan

Tags

Mata Lhoong – Kelebihan bulan suci ramadhan pada dasarnya sudah tahu semua. Namun hanya menganggap biasa. Tidak ada kelebihan bagi yang menganggap bulan yang suci ini biasa. Bagi mereka menganggap bulan ramadhan hanya bulan yang tahan lapar. Bila itu ada di benak Anda, maka berdosalah dengan Allah Swt.

Harus Anda ketahui, sudah diwajibkan kepada Anda sebagai umat islam untuk dapat berpuasa sebulan penuh pada bulan suci ramadhan, sebagai mana diwajibkan pada orang orang sebelum kamu. Sebagai umat islam sudah seharusnya Anda berpuasa pada bulan suci ramadhan bagi Anda yang sudah diwajibkan.

Manfaat bulan puasa

Mungkin bagi Anda yang belum diwajibkan, juga sudah mengharuskan untuk belajar berpuasa, guna memudahkan serta terbiasa karena sudah membiasakan. Bulan yang penuh rahmat ini bahkan sering disebut dengan bulan seribu bulan merupakan bulan penuh ampun. Banyak sekali kelebihan kelebihan pada bulan suci ramadhan yang juga perlu Anda ketahui.

Mengapa bulan suci ramadhan disebut bulan yang berkah dan penuh hikmah. Selain bulan yang penuh ampun juga bisa dilipat gandakan bagi mereka yang berbuat amal kebaikan. Apa lagi bagi umat islam yang dapat berpuasa sebulan penuh dan juga suatu keihklasan pada saat berpuasa, maka mereka akan bebas dari dosa.


Kesempurnaan berpuasa sebulan penuh, maka pada saat memasuki bulan lebaran, Anda akan bersih dari dosa dosa seperti bayi yang baru lahir. Begitu juga bila Anda berbuat dosa pada bulan suci ramadhan, dosa yang Anda dapatkan berlipat lipat. Maka dengan itu, bulan yang penuh berkah serta penuh ampun perbanyaklah taubat serta dapat meningkatkan perbuatan baik.

Apa saja kelebihan dari pada bulan suci ramadhan ini? Berikut penjelasannya:
1. Pintu surga terbuka bagi hamba yang bertakwa
Bagi hamba yang bertakwa serta beriman kepada Allah, maka pintu surgapun terbuka lebar. Dan tertutup rapat pintu neraka bagi mereka yang tulus dan ikhlas menjalankan ibadah puasa. Maka dengan itu, sebagai umat islam berpuasalah karena puasa itu wajib bagi kamu yang sudah cukup umur.

2. Bulan yang penuh ampun
Harus Anda ketahui kembali, bulan ramadhan memang bukan bulan biasa bagi umat muslim melainkan bulan yang penuh ampun bagi umat yang bertakwa. Tidak hanya itu, bulan suci ramadhan juga bulan yang melipatgandakan perbuatan baik yang pernah Anda lakukan pada bulan ini.

3. Malam Lailatul Qadar
Malam yang sangat mulia ini terdapat pada bulan suci ramadhan. Ketahuilah dibulan yang suci juga terdapat malam yang sangat mulia karena merupakan malam diturunkan kitap suci Al Quran. Barang siapa yang sempat melihat malam mulia ini maka apapun yang Anda minta, Allah akan mengabulkannya. “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

4. Bulan yang mendidik untuk mencapai ketakwaan
Selama berpuasa, tentu akan kita jalankan kewajiban seperti menahan hawa nafsu, meningkatkan kesabaran, kejujuran, serta ketakwaan. Banyak yang akan kita dapatkan selama berpuasa. Belajar kesabaran serta kejujuran merupakan sifat yang takwa.

Masih banyak kelebihan lainnya, namun di lain waktu akan kita bahas kembali kelebihan bulan suci ramadhan ini. Mungkin Anda ingin berbagi pengetahuan tentang kelebihan bulan suci ramadhan dapat Anda berikan pesan Anda melalui kotak komentar. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon