Kamis, 26 Mei 2016

Kupiah Meukeutop Dari Daun Sirih

Tags

Mata Lhoong | Sirih merupakan tumbuhan yang dibudidayakan guna untuk dikonsumsi. Banyak manfaat yang terdapat pada daun sirih ini. Selain manfaat untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan, daun sirih pun dapat dijadikan karya seni khas Aceh. Sirih tidak hanya dikonsumsi melainkan dapat dijadikan kupiah meukeutop adat Aceh.

Kupiah meukeutop ini biasanya dibuat pada acara pesta pernikahan atau perkawinan anak adam. Di Aceh, kupiah meukeutop merupakan pakaian khas pada saat ada acara adat. Misalnya acara pesta perkawinan, sunatan, bahkan acara adat lainnya. Kupiah meukeutop yang sengaja dibuat dari daun sirih merupakan khas Aceh yang tidak bisa dihilangkan.

Daun sirih yang dijadikan benda unik yakni kupiah adat Aceh

Ini merupakan budaya Aceh yang sudah lama berjalan. Daun sirih sengaja dicari untuk dibuat sebuah karya seni kupiah meukeutop guna untuk dibawa pada rombongan antar linto. Melihat di era modern ini, mungkin hanya sebagian kabupaten kota yang sudah tidak berkesan lagi dengan karya seni daun sirih ini.


Di Lhoong, sangat kental dengan reusam bawa kupiah meukeutop sebagai karya seni anak Aceh, pada saat acara pesta seperti antar lintoe. Kupiah meukeutop yang dibuat dari daun sirih ini juga berfariasi. Ada yang dibuat sebatas dengan daun sirih, bahkan ada juga yang dibuat dengan daun sirih serta ada hiasan lainnya pada kupiah meukeutop itu sendiri.

Bagi Anda yang sangat berkesan dengan kupiah meukeutop karya seni anak Aceh dapat berkunjung ke Aceh untuk bisa berkarya dengan daun sirih. Bagi mereka yang sudah ahli dengan kerajinan tangan mereka, hal itu sangat lah mudah. Namun bagi Anda yang baru melihat, maka akan pusing tujuh keliling untuk bisa membuatnya.

Ingin dapat istri yang bisa buat kupiah meukeutop dari daun sirih? Silahkan datang ke Aceh. Mungkin jodoh Anda ada di Aceh yang bisa karya seni seperti bisa membuat kupiah meukeutop daun sirih. Dan bagi Anda yang berjodoh dengan orang Aceh, namun tidak bisa membuat kupiah meukeutop, maka tinggal belajar sama putra putri Aceh yang bisa berkarya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon