Senin, 11 Juli 2016

Cara Mudah Membersihkan Biji Kakao Agar Cepat Kering

Tags

Mata Lhoong – Biji kakao perlu dibersihkan sedemikian rupa agar memudahkan Anda saat berjemur diterik matahari. Harus Anda ketahui, menjemur biji kakao tanpa ada pengolahan sedikitpun, maka akan membuat bijinya susah kering dan juga tidak kecoklatan. Maka dari itu, perlu tips sederhana memberihkan biji kakao agar mudah kering.

Cara membersihkan biji kakao tentu membutuhkan preses yang harus Anda lakukan. Baik itu menggunakan tenaga sendiri maupun tenaga orang lain yakni karyawan Anda sendiri. Dengan demikian, biji kakao akan mudah kering menjadi kecoklatan.

Cara membersihkan biji kakao

Untuk membersihkan biji kakao memang agak sedikit ribet, artinya Anda perlu merendamnya sejenak agar daging yang menempel pada biji kakao budah lepas. Untuk biji kakao yang banyak, maka sudah tentu membutuhkan tenaga orang lain, dan tidak mungkin mengandalkan tenaga Anda sendiri.

Berbeda dengan hasil panen kakao yang masih terhitung kiloan. Bagi Anda yang mendapatkan hasil panen kakao sudah mencapai puluhan bahkan ratusan kiloan, maka sudah tentu membutuhkan banyak tenaga. Biarpun banyak tenaga yang Anda peroleh guna untuk pengolahan biji kakao, juga perlu Anda ketahui cara mudah membersihkan biji kakao agar mudah kering.


Untuk memudahkan Anda pada saat membersihkan biji kakao guna cepat kering, maka perlu Anda ikuti tips membersihkan biji kakao cepat dan mudah hingga cepat kering yakni sebagai berikut:
  1. Silahkan  Anda pecahkan buah kakao yang ada secara keseluruhan.
  2. Kumpulkan biji kakao dalam satu tempat untuk memudahkan Anda saat membersihkannya.
  3. Semua biji kakao perlu Anda rendam dengan air guna memudahkan Anda saat memisahkan daging yang menempel pada biji kakao.
  4. Rendam dan biarkan hingga 3 jam sampai membuat dagingnya mudah dibersihkan.
  5. Selanjutnya Anda siapkan wadah yang berlobang kecil kecil yang penting tidak keluar biji kakao saat Anda remas nantinya.
  6. Bila sudah merendam hingga 3 jam bahkan lebih, maka silahkan Anda masukkan ke wadah yang baru Anda siapkan guna untuk memberihkannya.
  7. Selanjutnya masukkan biji kakao kewadah tersebut sedikit demi sedikit yang penting mudah Anda remas.
  8. Remas biji kakao sampai bersih hingga mengeluarkan lender seperti ingus anak kecil.
  9. Nah, bila sudah Anda bersihkan semua, silahkan Anda jemur ke tempat yang tampah pancaran sinar matahari.
  10. Bila Anda melakukan cara ini, maka tidak perlu menjemur lama. Cukup satu setengah hari, maka biji kakao siap diproduksi.

Cara memberihkan biji kakao sebagaimana penjelasan di atas, memang menggunakan cara tradisional, namun untuk memudahkan Anda dengan cara praktis dan cepat, maka silahkan menggunakan alat modern seperti mesin pengolahan biji kakao. Untuk mengolah biji kakao dengan cara tradisional tentu tidak banyak mengeluarkan biaya.

Namun, bila Anda menggunakan cara modern, tentu harus mengeluarkan modal untuk mengolah biji kakao dengan cara praktis dan modern. Demikian cara mengolah biji kakao agar mudah kering dan praktis. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon