Senin, 15 Agustus 2016

Alasan Lhoong Dikenal Dengan Kawasan Durian

Tags

Mata Lhoong – Lhoong merupakan kecamatan yang berbatas dengan kabupaten Aceh Jaya dan juga kawasan yang berdekatan dengan laut dan juga pergunungan. Mendengar kata gunung sudah tentu banyak pepohonan rindang seperti layaknya hutan lindung. Hampir semua kawasan ladang atau kebun yang ada dilhoong tentu ada pohon durian. Maka dari itu, lhoong identik dengan buah durian.

Pada dasarnya, di Aceh banyak lahan yang berlokasi dekat dengan gunung, hal ini tentu memiliki pohon durian. Lalu kenapa juga lhoong disebut sebut dengan kawasan durian, bahkan banyak kalangan yang mengenal masyarakat lhoong harus dengan sebutan durian bahkan sering disebut (“lhoong adalah gampong boh drien” – Aceh_red).

Lhoong dikenal dengan sebutan buah durian
Durian yang berlokasi di cot jumpa kecamatan lhoong

Hal ini tentu memiliki alasan alasan tersendiri mengapa lhoong lebih dikenal dengan buah durian. Bicara durian, tidak hanya di lhoong, bahkan hampir di seluruh wilayah, Aceh memiliki kebun durian. Namun lhoong lah yang lebih dikenal dengan namanya buah durian. Mengapa demikian? Nah, mari kita ketahui alasan kecamatan lhoong lebih dikenal sebagai kawasan durian. Berikut sekilas informasi dari matalhoong.com yakni di bawah ini:
  1. Lhoong merupakan kawasan yang mudah tumbuh pohon durian
  2. Dari zaman dulu hingga sekarang, lhoong masih tercium aroma durian
  3. Buah durian lhoong tentu jauh berbeda dengan durian lainnya yang ada di Aceh, terutama warna kulit da nisi durian yang bisa diandalkan
  4. Isi durian lhoong banyak berwarna kuning keemasan dan dagingnya pun lebih tebal dan manis
  5. Kebun durian mudah dijangkau oleh agen
  6. Banyak kebun durian disamping jalan lintas nasional
  7. Harga sesuai dengan isi dan rasa durian

Baca Juga: Apa Pendapat Anda Terhadap Sosial Budaya Yang Ada

Inilah yang membuat durian lhoong lebih khas dari pada durian lainnya. Dan ini juga sudah berbeda dengan durian lhoong saat ini. Seperti diketahui, bahwa sudah tiga tahun lhoong gagal panen dari segi buah durian. Banyak durian di lhoong bukan durian daerah, melainkan durian luar lhoong yang diperdagangkan di lhoong.

Seperti tahun ini, banyak durian lhoong yang hambar akibat angina kencang. Hampir secara keseluruhan rasa durian lhoong hambar dan tidak seperti sebelumnya. Walau demikian, agen tetap memperdagangkan dengan alasan mereka juga mencari nafkah untuk hidup. Banyak juga durian luar dari lhoong seperti lamno dan sebagainya juga diperdagangkan di lhoong, karena banyak pengunjung yang singgah untuk menyantap rasa durian yang ada.

Demikian alasan mengapa lhoong lebih dikenal dengan sebutan kawasan durian. Hal ini sudah dari zaman dulu, lhoong memproduksi durian dengan rasa yang khas dan buah yang bagus. Durian lhoong ini tentu membuat pembeli merasa puas tanpa ada kecewanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon