Kamis, 06 Oktober 2016

Laut Teduh, Pukat Daratpun Mulai Berlabuh

Tags

Mata Lhoong | Tidak bisa dipungkiri, mata pencarian masyarakat kecamatan lhoong kabupaten aceh besar, khususnya di desa jantang dengan berlabuh pukat. Sudah sekian lama ikan yang dapat diproduksi di laut jantang berhenti karena kondisi cuaca dilaut buruk. Minggu ini, cuaca laut pasi blang raya desa jantang mulai membaik serta sudah dapat melabuh pukat tradisional seperti biasanya.

Kecamatan lhoong merupakan wilayah paling ujung kabupaten aceh besar yang berbatasan dengan kabupaten aceh jaya. Ladang ekonomi masyarakat  lhoong, selain melaut, kesawah dan juga ke gunung. Seperti diketahui, bahwa beberapa bulan yang lalu kondisi cuaca dapat dikatakan sangat buruk dan ekstrim yang sehingga masyarakat banyak yang berhenti dari aktivitas biasa.

Pasi jantang Lhoong, Aceh besar

Nah, dengan kondisi yang sekarang sudah lumanyan membaik, maka masyarakat sebagian yang ekonominya melaut tentu dapat menjalankan aktivitasnya kembali. Seperti masyarakat desa jantang juga sudah mulai melabuh pukat sebagaimana kebiasaan di bulan yang lalu.

Hasil yang didapatkan
Pukat darat ala tradisional tentu jauh berbeda dengan pukat lainnya. Namun dengan pukat tradisional ini, sudah pernah mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti pada tahun sebelumnya, salah seorang pemilik pukat tradisional di pasi blang raya desa jantang kecamatan lhoong kabupaten aceh besar, juga sempat pingsan dengan hasil yang didapatkan. Mengapa tidak, hasil tangkapan ikan ini benar benar banyak sekali hingga mencapai 3 truk mobil.

Baca Juga: Alasan Lhoong Dikenal Dengan Kawasan Durian

Dengan adanya aktivitas tarik pukat tradisional di pasi blang raya desa jantang. Tentu sangat bermanfaat bagi kecamatan lhoong sendiri. Selain dapat menikmati ikan segar, mereka juga dapat mendatangi secara langsung ke pantai pasi blang raya desa jantang untuk membelinya. Tidak hanya itu, agen lokalpun bisa memanfaatkan keadaan ini. Selain tidak harus ke lampulo banda aceh, juga meringankan biaya operasional mereka saat membeli ikan.

mata lhoong

Untuk hasil yang sekarang mungkin tidak sebegitu banyak, karena pukat itupun masih baru tahap uji coba, dan tidak semua pawang berlabuh pukat dengan keadaan laut yang belum begitu teduh. Bagi Anda yang ingin melihat secara langsung saat tarik pukat tradisional di pasi blang raya desa jantang, mulai minggu ini sudah bisa ke pantau teluk jantang, karena aktivitas tarik pukat sudah mulai bekerja.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon