Rabu, 02 November 2016

Mengapa Sumber Ekonomi Masyarakat di Sektor Pertanian dan perkebunan Kacau?

Tags

Mata Lhoong | Tidak bisa dipungkiri pertanian merupakan lahan usaha yang bisa berkembang pesat bila mana didukung dengan kebutuhannya yang ada. Sebagai contoh dulu Aceh pernah jaya dengan sektor pertanian, namun melihat perkembangan era sekarang ini sangat terpuruk dan membuat masyarakat rentan akan kemiskinan.

Walaupun banyak faktor lainnya, namun faktor utama yang dapat membuat ekonomi masyarakat menurun adalah sistem. Sistem yang kami maksudkan disini adalah cara yang salah sering dilakukan masyarakat hingga hasil pertanian mereka tidak bisa dikembangkan. Hal ini tentu sangat berdampak pada anjloknya ekonomi rakyat itu sendiri.

Penyebab sumber ekonomi petani kacau
Poto: http://satriamadangkara.com/

Mengapa cara masyarakat yang salah? Sementara pemerintah sendiri tidak disalahkan? Seperti penjelasan di atas, yang tentunya akan kami jelaskan lebih terperinci kesalahan kesalahan yang sering dilakukan masyarakat hingga kehidupannya tidak membangun dan sumber ekonominya pun bertambah kacau, alhasil hidupnya paspasan.

Dalam artikel ini kami hanya ingin mengajak Anda untuk (lhok droe_ Aceh red) yakni introspeksi diri sebelum menyalahkan orang lain. Sangat sering kita dapatkan pernyataan pernyataan yang lebih suka menyalahkan orang lain dibandingkan untuk melihat kebenaran dan kesalahan yang pernah dilakukan. Tujuan kami jelaskan ini agar Anda tidak salah paham juga terkait judul di atas yaitu terkait dengan ekonomi masyarakat di sektor pertanian.

Penyebab ekonomi Anda terpuruk dalam sektor pertanian dan perkebunan
Mungkin ini sudah menjadi gaya masyarakat sebagian dalam bercocok tanam. Sadarkah Anda, cara masyarakat kita bercocok tanam? Coba perhatikan, gaya mereka bertani serta berkebun. Bagi mereka dengan lahan setengah H, sudah memadai dan bisa bercocok tanam berbagai bibit tanaman. Sangat jarang sekali berkebun dengan cara melakukan persemaian tanaman satu jenis.

Bahkan sering kita jumpai, ada lahan kosong yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam satu jenis tanaman dan bisa menghasilkan yang maksimal. Hal ini sangat jarang dilakukan masyarakat, dan tetap dengan cara klasiknya yang menanamkan beberapa jenis tanaman agar bisa menghasilkan bervariasi nantinya.

Baca Juga: Faktor Penyebab Bisnis Anda Gagal Total

Menurut mereka dengan bisa menghasilkan beberapa jenis tanaman bisa memuaskan, karena apa yang ia butuhkan ada. Sebagaimana kebiasaan mereka adalah pohon pisang ada 5 batang, cabai ada 10 batang, mangga juga demikian, tomat dan lain sebagainya. Kebiasaan yang menurut kami dapat membuat masyarakat semakin sempit ekonominya.

Mengapa tidak, hasil yang mereka peroleh tentu serba keterbatasan. Pisang, cabai, tomat, mangga dan lain sebagainya, untuk dikonsumsi tentu lebih, namun untuk dipasarkan juga serta tanggung. Hal inilah yang bisa membuat masyarakat semakin sempit ekonominya di sektor pertanian dan perkebunan. Hanya sebagian masyarakat saja yang sudah miliki ide baru untuk merubah keburukan ekonomi mereka.

Bila cara di atas tetap berjalan, maka sudah bisa dipastikan ekonomi masyarakat akan semakin terpuruk. Selain hanya mencukupi kebutuhan hari hari, keuangan yang bisa dihasilkan sangat kecil dan tidak bisa disimpan untuk besok. Jadi agar ekonomi di sektor ini berkembang, maka mulai sekarang rubah ke cara yang benar dan modern.

Cara cepat mengembangkan ekonomi dari sektor pertanian dan perkebunan
Dapat Anda lakukan cara ini agar ekonomi Anda lebih meningkat dan memuaskan. Cari ini juga sudah dipraktekkan oleh petani kita di Aceh guna untuk cepat membangun dan bebas dari keuangan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka lahan perkebunan, maka cobalah bercocok tanam dengan jenis tanaman yang sama tanpa dicampurkan sebagaimana gado gado.

Usaha dari pertanian atau perkebunan ini sering kita lihat dari sisi petani cabai. Lahan yang dibutuhkan tentu bisa mencapai target dan hasil yang maksimal. Begitu juga dengan jenis tanaman lainnya. Pala, cengkeh, mangga, jeruk bali, dan lain sebagainya. Cara ini tentu akan merubah keuangan Anda kearah yang lebih baik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon