Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Cek Link Error/ Rusak Pada Website Maupun Blog

Tags

Mata Lhoong | Cara memperbaiki link rusak di blog | Tujuan dari cek link errol atau link yang rusak untuk mengetahui seberapa banyak link yang tidak dapat dikunjungi yang ada pada blog maupun website kita. Selain tujuan mengetahui, sebagai admin blog juga diperlukan untuk cek link website guna untuk menjaga kesehatan pada sebuah blog maupun website. Untuk itu, pada artikel ini matalhoong.com membagikan cara cek broken link guna untuk memudahkan Anda dalam melindungi kesehatan website.

Sebagian blogger menganggap link yang errol atau rusak tidak dipersoalkan, hal ini dikarenakan website atau blog yang mereka bangun sudah banyak sekali artikel yang mereka isi pada sebuah blog, sehingga sudah merasa malas untuk memperbaiki link error yang ada. Namun,bagi Anda yang baru membangun sebuah blog dan juga berkeinginan untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan publisher seperti google adsense. Maka, kesehatan blog mengharuskan Anda jaga, apa lagi terdapat banyak link yang rusak atau error, hal ini tentu tidak dibenarkan.

Untuk itu, khusus bagi Anda yang ingin memperbaiki link yang rusak terdapat pada blog/ website. Hal yang perlu Anda ketahui, untuk memperbaikinya tentu sangatlah mudah, bagaimana tidak, sebagai admin cukup dengan menghapusnya saja sudah selesai. Gampangkan? Akan tetapi, tanpa Anda ketahui dimana link yang sekian banyak dalam sebuah blog itu, sudah tentu akan membingungkan Anda bukan.

Untuk itu, sebelum menghapus serta memperbaiki link yang rusak atau error yang terdapat pada blog. Maka, yang perlu Anda lakukan adalah mengecek terlebih dulu agar memudahkan saat memperbaikinya. Maka dari itu, pada artikel ini, matalhoong.com tentu membagikan cara memperbaiki link error atau rusak di sebuah blog maupun website dapat Anda ketahui pada artikel ini.

Berikut ini cara mudah cek broken link atau yang sering disebut link error/ rusak pada sebuah blog/ website yakni di bawah ini:
Langkah 1
  1. Cek link error pada situs Anda dengan cara menggunakan tool gratis yakni pada laman http://brokenlinkcheck.com/. Dengan broken link chek ini akan mengetahui dimana ada terdapat link rusak/ error pada blog Anda.
  2. Pastikan Anda sudah membuka laman [brokenlinkcheck.com] pada layar komputer atau laptop Anda
  3. Selanjutnya silahkan isikan alamat atau URL situs blog Anda ke tool gratis tersebut.
  4. Pastikan saat memasukkan alamat URL blog Anda dengan benar pada laman broken link chek.
  5. Untuk memudahkan Anda saat mengisi alamat URL blog dengan benar. Maka lihat pada gambar di bawah ini.
Cara terbaru mengetahui link error atau rusak pada situs blog

Langkah 2
  1. Langkah selanjutnya, setelah Anda klik pada tulisan “Find Broken Links”, maka Anda akan dibawa ke laman selanjutnya, yakni diperlukan untuk mengisi “Security code”.
  2. Pastikan Anda mengisi security code dengan benar, agar bisa jalan saat klik pada find broken links now!.
  3. Bila sudah benar, maka silahkan klik pada “Find Broken Links Now” agar proses cek link error atau link rusak bisa di cek secara otomatis dengan tool gratis ini.
  4. Tinggu proses broken link chek selesai atau completed, agar dapat melihat apakah blog atau website Anda terdapat link yang error atau tidak.
  5. Untuk lebih jelas lihat pada gambar di bawah ini.


Langkah 3
Selanjutnya Anda akan melihat status kesehatan link pada sebuah blog. Bila website Anda mendapatkan banyak link yang error, maka akan nampak jelas. Namun, bila chek broken link sudah selesai atau completed, dan status link pada situs blog Anda tidak mendapatkan link error atau rusak. Maka hasilnya juga jelas. Artinya tidak ada link error atau rusak terdapat pada situs blog Anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Alamat URL Blog Tidak Bisa di Akses Lewat Chrome

Untuk lebih jelas agar Anda paham dengan cara cek link error atau link yang rusak dengan tool gratis ini yakni broken link chek. Maka dapat melihat gambar di bawah ini dimana status link error/ rusak maupun status link yang tidak error/ rusak yakni di bawah ini.

Contoh gambar di bawah tidak terdapat link error/ rusak

Contoh gambar di bawah ini terdapat link error/ rusak

Demikian cara mudah mengetahui link error atau link yang rusak pada situs blog, menggunakan tool gratis dari broken link chek ini. Dengan menggunakan cara di atas, maka Anda akan mengetahui semua link rusak atau error yang ada pada sebuah situs blog maupun website.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon