Selasa, 04 April 2017

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratis (Panduan Lengkap) 2017

Tags

Mata lhoong | Apa itu blog? Jawaban sederhana adalah sebuah aplikasi web atau disingkat dengan “web blog” yang merupakan berbentuk semacam tulisan (artikel) ada pada sebuah blog yang dapat diakses secara online. Artikel ini juga ditulis oleh manusia dan dimuat melalui sebuah situs web blog itu sendiri. Berbicara blog gratis, sudah tentu sebuah web blog yang dapat dibuat oleh semua individu secara gratis, seperti blogger (blogspot), wordpress, dan lain sebagainya. Dari sekian blog gratis, maka blogspot lah yang dapat dijadikan sebagai blog yang bisa menghasilkan uang.

Mengapa harus blogspot, sementara masih banyak blog gratis lainnya yang bisa dijadikan sebagai web blog? Ini lah kelebihan blogspot yang merupakan produk layanan gratis milik perusahaan teknologi terbesar di dunia yakni google. Dengan blog gratis milik google ini lah yang akan kita jadikan sebagai media online untuk memproduksi artikel hingga bisa menghasilkan uang di internet.

Panduan lengkap cara menghasilkan uang dari blog gratis

Sebelum melangkah lebih jauh, terpenting sekali adalah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebagai syarat utama untuk menghasilkan uang secara online melalui blog gratis. Penting juga anda ketahui, agar kerja anda tidak sia sia. Maka, baiknya mempersiapkan email baru untuk mendaftar blog baru. Pada artikel ini sengaja kami jabarkan dari langkah awal membuat blog hingga menghasilkan uang.

Langkah Pertama persiapan dasar
Kami anggap anda sudah mendaftar blog baru dengan email yang baru. Sebagai contoh alamat blog baru anda (matalhoong.blogspot.com) Nah, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat kelengkapan navigasi pada blog baru sebelum mengisi artikel. Ini penting sebagai pondasi awal sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Adapun navigasi yang “wajib” anda buat pada sebuah blog yakni di bawah ini:
  1. About.
    Merupakan artikel yang menjelaskan secara singkat sekilas tentang blog anda sendiri dan juga tentang admin blog itu sendiri. Bisa anda jabarkan secara lebih terperinci pada laman about baik itu satu paragraf maupun lebih.
  2. Contact.
    Merupakan alamat perusahaan bila blog anda dikelola secara organisasi, atau pun alamat admin itu sendiri bila blog pribadi yang harus dijabarkan secara singkat dan jelas pada laman kontak tersebut.
  3. Sitemap.
    Merupakan sebuah laman daftar isi yang harus anda buat di blog anda sendiri. Tujuan laman ini agar memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang mereka butuh.
  4. Privacy Policy.
    Merupakan penjelasan kepada pengunjung blog, terkait dengan bagaimana anda mengelola informasi yang anda dapat dari mereka pengunjung itu sendiri. Atau semacam kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah blog yang telah dibuat oleh pemilik pembuat situs blog itu sendiri. Informasi ini penting dan sangat dianjurkan oleh google.
  5. Disclaimer.
    Merupakan kalimat peringatan kepada pengunjung secara publik terkait dengan apa saja yang anda sajikan pada sebuah blog, baik itu kualitas maupun kuantitas artikel yang ada. Dengan pernyataan ini tentu pengunjung blog akan mengetahui kebijakan yang sudah menjadi aturan pada blog anda sendiri.
  6. Term Of Service (TOS).
    Ini merupakan hampir sama dengan kebijakan privasi. Atrinya memberitahu kepada pengunjung blog terkait dengan aturan aturan yang sudah anda tetapkan sebagai pemilik blog.

Nah, untuk selanjutnya sebagai navigasi terpisah dari penjabaran di atas. Maka tidak kalah penting juga yang harus dipersiapkan oleh pemilik blog. Navigasi di atas lebih kepada aturan yang anda jabarkan kepada pengunjung nantinya. Sementara yang ini lebih untuk memudahkan pengunjung untuk membaca berbagai informasi yang sudah anda tulis di blog.

Sebagai pelengkap langkah awal sesudah navigasi di atas, maka informasi di bawah ini juga penting anda buat pada blog baru anda yakni di bawah ini:
  1. Arsip Blog
  2. Kategory / Label
  3. Artikel Populer
  4. Artikel Baru
  5. Profil Google Plus
  6. Template

Semua informasi di atas penting anda pasang di blog, terkecuali template. Perlu anda ketahui, informasi navigasi ini juga dipasang sesudah mengisi beberapa artikel dalam blog. Untuk template ini bisa menggunakan bawaan blogger, apa lagi persembahan template baru blogger sudah sangat sempurna dan lebih mobile. Artinya bisa dibuka melalui apa saja tampilan blog anda akan responsive. Kami yakin anda bisa mengerti dan patuh menjalankan sebagaimana penjabaran di atas bila ingin menghasilkan uang dari blog gratis.

Langkah ke dua menulis artikel
Pastikan anda sudah melakukan langkah pertama sebagai panduan lengkap untuk blogger pemula. Selanjutnya, maka kita akan masuk ke tahap penulisan artikel dan juga cara mengisi artikel ke dalam dasbor blog untuk di posting. Untuk menulis sebuah artikel sebelum di posting sebagai “intri baru”, maka sangat disarankan untuk blogger pemula, menulis artikel pada “notepad”, yang dapat ditemukan pada komputer atau laptop anda.

Tuliskan artikel minimal 500 kata untuk satu buah artikel. Usahakan artikel yang anda buat memiliki nilai jual dan menarik untuk dibaca. Artinya artikel yang anda buat masih jarang di internet serta memiliki keunikan tersendiri sehingga benar benar informatif. Buat lah artikel yang lengkap serta memadai saat dinilai oleh google. Artikel yang lengkap tentu mengulas informasi secara lengkap dan jelas.

Langkah ke dua ini diperlukan menulis artikel selain lengkap dan jelas, juga disarankan menulis satu tema atau kategori. Artinya, pada blog anda disarankan untuk menjabarkan satu topik yang fokus. Misalnya, anda menjabarkan tentang pertanian dan itu termasuk latar belakang pendidikan anda atau tentang pertanian lebih anda kuasai, maka sangat disarankan untuk membahas tentang pertanian. Usahakan apapun yang menjadi topik atau kategori blog, fokus lah pada satu pembahasan.

Baca Juga: Pembahasan Blog Yang Mudah Diterima Google Adsense

Mengapa harus fokus pada satu topik pembahasan? Ini dikarenakan, agar memudahkan anda menghasilkan uang dengan blog yang anda kembangkan. Maka dari itu, sebagai langkah awal sangat disarankan untuk menjabarkan satu pembahasan yang menurut anda sendiri mudah menjelaskan. Selanjutnya disarankan, anda harus bisa menulis artikel minimal 500 kata per artikel. tuliskan artikel yang saling berhubungan antara satu sama lainnya, agar artikel tersebut benar benar lengkap dan memadai di mata google.

Semakin banyak menulis, maka semakin besar peluang anda akan menjadi blogger yang menghasilkan. Usahakan penulisan artikel anda terlihat rapi dan teratur. Artinya dapat disesuaikan dari paragraf pertama hingga artikel selesai.
Buatlah artikel yang bermakna serta kaya dengan informasi teks, artinya tidak banyak gambar melainkan banyak tulisan.
Dalam penulisan artikel sebenarnya anda juga harus belajar banyak, agar paham benar yang dimaksud dengan artikel kualitas. Bagi anda yang sudah terbiasa menulis artikel yang baik, maka anda termasuk ke sosok blogger yang cepat sukses.

Langkah ke tiga mendaftar ke webmaster tool
Untuk langkah ini, tentu anda sudah mengisi artikel pada blog. Nah, untuk artikel tersebut akan di submit (kirim) ke webmaster tool, degan tujuan semua artikel dalam blog bisa ter indeks oleh google. Penting kah? Sangat penting bagi anda yang berkeinginan blog gratis bisa menghasilkan uang. Perlu anda ketahui, semua blogger akan melakukan hal yang sama. Artinya, semua artikel yang mereka posting akan melakukan submit ke webmaster tool. Baik itu melalui bing webmaster tools, google webmaster tools, dan lain sebagainya.

Langkah ini selain mengindek artikel ke webmaster tool, juga dapat mengetahui dimana ada link error yang terdapat dalam blog anda sendiri. Dengan demikian, maka sebagai admin blog memudahkan memelihara kesehatan blog itu sendiri. Kami anggap anda sudah paham terkait dengan cara submit artikel ke webmaster tool agar artikel persembahan matalhoong.com lebih singkat lagi menjelaskan cara menghasilkan uang untuk blog gratis sebagai paduan lengkap di tahun 2017.

Langkah ke empat mendaftar blog ke Google Analytic
Apa itu Google Analytic? Jawaban sederhana adalah sebuah tools gratis yang disedia oleh google, untuk bisa memberikan anda akses yang sangat baik untuk melihat aktifitas di blog anda. Dengan tool ini juga anda bisa mengetahui semua kinerja blog, baik dari jumlah pengunjung, asal pengunjung, dan juga kriteria pengunjung yang membaca artikel pada blog anda. Selain dapat mengetahui kinerja blog juga bisa memudahkan anda untuk menyediakan konten yang dibutuhkan sesuai kriteria pengunjung. Untuk itu, silahkan mendaftar blog anda ke google analytic dan juga memverifikasinya sebelum kita langkah lebih jauh.

Langkah ke lima mendaftar google adsense
Apa itu Adsense? Jawaban sederhana adalah cara gratis untuk memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di situs blog gratis anda. Nah, dengan google adsense lah anda akan menjadi blogger yang menghasilkan uang secara online melalui blog gratis tadi. Yang menjadi pertanyaan, apakah anda sudah mengikuti langkah demi langkah sebagaimana penjabaran di atas? Kalau belum, silahkan baca kembali.

Dengan Google AdSense, Anda dapat memperoleh uang dari konten online. Artinya, sesuatu yang sudah anda tekuni dari langkah pertama yakni membuat blog gratis serta mengisi artikel yang berkualitas. Merupakan cara menghasilkan uang dari blog gratis dengan google adsense. Langkah ini diperlukan untuk mendaftarkan blog anda terlebih dulu ke google adsense. Dan pastikan semua langkah di atas sudah anda lakukan yang diawali dari langkah pertama membaca artikel matalhoong.com. Tahap ini juga blog anda tentu akan ditinjau kembali oleh pihak google adsense guna untuk melihat kelayakan berpartisipasi sebagai publisher adsense.

Kesimpulan
Agar anda menjadi blogger yang bisa menghasilkan uang pada blog gratis, maka tantangan untuk blogger pemula tentu harus mengikuti langkah awal yang sudah kami jelaskan di atas. Ke empat poin penting itu harus anda lalui sebelum melangkah ke poin lima yakni mendaftar google adsense. Jangan harap blog anda diterima bila persiapan yang sudah menjadi syarat utama belum terpenuhi. Untuk itu, ikuti proses dari langkah pertama hingga ke langkah akhir agar blog gratis itu benar benar menghasilkan uang dengan adsense.

Sebagai pelengkap di ujung artikel ini, sangat kami sarankan untuk blogger yang ingin menghasilkan. Maka, sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan kelayakan blog anda untuk berpartisipasi di adsense. Hal ini diperlukan originalitas artikel yang anda publis, selain itu dapat menulis artikel yang berkualitas juga diperlukan untuk langkah awal maka fokus lah pada satu topik pembahasan. Setelah diterima menjadi publisher adsense, maka terserah anda menulis berbagai macam nice blog.

Selain itu, jadilah penulis blog yang konsisten agar blog anda terlihat hidup dengan artikel yang update minimal 3 artikel dalam satu minggu. Menulis lah untuk manusia bukan untuk google, ini sebagai motivasi blogger pemula agar tidak melelahkan di pertengahan jalan. Berharap menjadi blogger sukses itu wajib, namun perlu diiringi dengan kerja nyata beserta do’a.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon