Minggu, 09 Juli 2017

Cara Membuat Meta Deskripsi di Blogger

Mata Lhoong | Secara singkat deskripsi atau sering disebut meta deskripsi merupakan informasi yang dibuat oleh admin blog itu sendiri yang ditulis atau diletakan pada bagian head guna untuk menampilkan sekilas informasi tentang halaman blog anda. Sebagian blogger tidak menemukan manfaat dari meta deskripsi (description) yang isi pada bagian blog itu sendiri. Namun, ketahuilah manfaat dari informasi singkat tentang blog anda yang disebut dengan deskripsi blog.

Oleh karena itu, dengan tidak mengetahui kegunaan dari meta deskripsi blog. Maka, khusus blogger pemula tentu jarang menggunakan itu. Ada dua bagian deskripsi untuk web bahkan di blog. Yang pertama meta deskripsi blog, dan yang ke dua adalah meta deskripsi untuk postingan. Keduanya adalah penting dan berpengaruh pada SEO. Mengapa? Hal ini dikarenakan, dapat memudahkan pengunjung menentukan tentang blog dan juga artikel yang ditemukan pada laman search engine atau di mesin pencari.

Cara buat tag meta deskripsi penelusuran di blog

Kami rasa dengan penjelasan di atas sudah dapat dipahami kegunaan meta deskripsi pada sebuah web maupun blog. Lalu bagaimana dengan cara membuatnya? Berikut informasinya yang dapat anda ketahui.

Cara Membuat Meta Deskripsi di Blogger
Sebelum kita masuk ke langkah membuat informasi singkat tentang blog yakni deskripsi. Maka, perlu anda buka adalah blogger.com guna untuk membuka salah satu blog yang ingin memasang deskripsi.

Langkah Pertama.
  • Silahkan masuk ke www.blogger.com selanjutnya masuk ke Dashboard blog.
  • Selanjutnya pilih menu "Setelan" atau "Setting" dan klik pada menu “Preferensi penelusuran”.
  • Selanjutnya anda akan melihat menu deskripsi belum aktif. Maka, perlu diaktifkan dengan cara klik "edit" di bagian deskripsi agar bisa mengisi deskripsi untuk blog.
  • Lihat gambar di bawah ini untuk memudahkan anda.

Cara buat meta deskripsi di blog maupun web

Langkah ke Dua
  • Nah, selanjutnya pilih ada dua pilihan yakni "YA" dan "TIDAK". Maka anda pilih "YA".
  • Silahkan mengisi informasi singkat tentang blog anda pada kolom deskripsi.
  • Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.


Cara mengisi meta tag

Setelah selesai mengisi informasi singkat blog anda. Maka, selanjutnya pilih "Simpan perubahan" guna untuk menyimpan informasi tag meta deskripsi blog anda. Nah, tugas anda disini sudah menyelesaikan tahap proses mengisi tag meta deskripsi untuk sebuah blog maupun web. Bagi anda yang menggunakan blogspot tentu sangat mudah sekali menyelesaikan ini. Karena jauh berbeda dengan worpress. Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan deskripsi pada postingan saat buat sebuah artikel.

Cara Membuat Meta Deskripsi Untuk Postingan
Perlu anda ketahui, di atas merupakan langkah membuat deskripsi khusus untuk halaman beranda. Namun, untuk proses selanjutnya kita akan menyelesaikan cara buat deskripsi untuk posting artikel. Ini juga bagian dari yang pertama. Namun, untuk deskripsi postingan anda buat secara manual saat mengisi artikel untuk entri terbaru. Berikut caranya.

Langkah pertama
  • Untuk membuat deskripsi postingan, pastinya anda sudah menyiapkan sebuah artikel yang hendak di publikasi.
  • Nah, sebelum anda klik pada tap "Publikasi". Maka, baiknya mengisi dulu sedikit informasi singkat dari keseluruhan artikel yang anda buat.
  • Untuk caranya, silahkan klik pada "Deskripsi Penelusuran" yang ada di samping kanan anda.
  • Lalu mengisi informasi terkait dengan info singkat artikel anda.
  • Lihat contoh gambar di bawah ini untuk memudahkan anda.
Cara buat deskripsi penelusuran


Langkah ke Dua.
Setelah menyelesaikan penulisan deskripsi untuk sebuah artikel pada "Deskripsi Penelusuran". Maka, tugas anda juga telas selesai. Silahkan klik pada "Selesai".

Itulah cara membuat tag meta deskripsi untuk halaman depan dan juga untuk postingan. Deskripsi penelusuran ini juga sangat penting untuk sebuah artikel agar memudahkan pengunjung di mesin pencari untuk mengunjungi artikel anda. Mengapa demikian? Karena, informasi yang anda isi pada deskripsi penelusuran akan mendukung judul artikel anda guna untuk saling melengkapi.

Dengan demikian, maka artikel anda juga akan bersaing untuk bisa tembus pada halaman pertama mesin pencari. Semoga dengan adanya artikel persembahan matalhoong.com terkait dengan cara buat deskripsi di blog dapat membantu blogger pemula yang baru aktif di dunia maya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon