Sabtu, 22 Juli 2017

Mengenal dan Cara Mengatur Menu Navigasi Untuk Blogger

Mata Lhoong | Untuk mengatur menu navigasi di blog tentu perlu cara yang benar dan dapat dipahami dengan mudah. Tujuannya adalah anda tidak kebingungan dalam menerapkan link link yang diperlukan saat memasangnya. Perlu anda ketahui, menu navigasi pada sebuah blog merupakan salah satu syarat penting saat mendaftarkan blog ke google adsense. Untuk itu, perlu mengatur dengan baik dan benar.

Pengertian Menu Navigasi
Secara singkat menu navigasi merupakan rangkaian elemen penting yang harus dibuat pada sebuah blog maupun website dengan tujuan untuk memudahkan pengunjung dalam hal mencari informasi yang mereka butuhkan. Menu navigasi ini juga merupakan kerangka atau struktur pada sebuah blog maupun web. Bagian ini tentu dapat menghubungkan antara navigasi satu dengan navigasi lainnya.

Menerapkan navigasi dengan baik dan benar

Menurut Suyanto (2008:62) “Struktur navigasi pada sebuah blog atau web melibatkan sistem navigasi situs web secara keseluruhan dan desain interface situs blog/ web tersebut. Navigasi dapat memudahkan jalan bagi pengunjung ketika menjelajahi situs blog maupun web”. Dengan adanya truktur navigasi dapat disebut, blog maupun web anda sudah rampung dan lengkap.

Daftar Menu Navigasi Yang Wajib Ada di Blog
Berikut ini daftar menu navigasi yang perlu anda terapkan di blog, baik itu di atas header maupun di bawah yakni di bawah ini:
  1. Menu HOME atau Beranda
  2. Menu ABOUT atau Tentang
  3. Menu CONTACT atau Kontak
  4. Menu SITEMAP atau Daftar Isi
  5. Menu DISCLAIMER atau Hakcipta Konten Blog
  6. Menu PRIVACY POLICY atau Kebijakan Privasi

Dari ke enam menu navigasi di atas, maka ditambahkan dengan 2 menu penting lainnya yang juga perlu anda terapkan pada sebuah blog yakni, LABEL dan ARSIP BLOG.

5 Jenis Navigasi Blog Yang Perlu Anda Ketahui
Sebelum kita masuk ke cara membuat navigasi, maka perlu mengenal jenis menu navigasi sebelum menerapkan pada sebuah blog yakni:
  1. Menu Horizontal
  2.  Menu Vertikal
  3. Menu Drop Down
  4. Sub Menu
  5. Icon Pada Blog

Nah, perlu anda ketahui, menu navigasi yang sudah di atur pada sebuah template, terkadang berbeda beda antar satu dengan lainnya. Hal ini juga perlu kejelian anda sebagai admin blog untuk mengenal jenis navigasi blog agar memudahkan saat mengatur navigasi.

Berikut cara mengatur menu navigasi di blogger yakni di bawah ini:
  • Langkah pertama adalah anda perlu masuk ke dasbor (www.blogger.com) blog.
  • Pilih Tema menu di bawah Tata Letak.
  • Klik Menu Tema, lalu klik "Edit HTML" untuk mengatur menu navigasi.
  • Silahkan tekan CTRL + F dan cari kode "/head" agar dapat menemukan navigasi yang penting diterapkan pada sebuah blog.
  • Nah, pada laman edit HTML, anda perlu mengatur satu persatu agar hasilnya bisa sempurna.
  • Untuk lebih jelas, lihat pada gambar di bawah ini.


Perhatikan gambar di atas, baik pada tulisan dalam tanda panah maupun ujung tanda panah pada gambar tersebut. Disitu terlihat jelas  menu navigasi yang wajib ada di blog serta jenis jenis navigasi yang juga perlu anda buat. Dalam edit HTML ini, anda hanya perlu memasang link sesuai judul navigasi. Sebagai contoh untuk CONTACT. Maka, anda perlu meng copy dan pastekan pada tanda "#" yang ada dalam kotak ujung panah.

Untuk memasang semua menu navigasi, maka hapus tanda pagar itu saja "#", lalu pastekan link sesuai menu. Isikan semua link dengan cara menggantikan tanda pagar dengan link aktif menu navigasi yang sudah duluan anda buat. Selanjutnya silahkan klik pada pratinjau tema, bila sudah tidak ada yang error. Maka, silahkan menyimpan semua perubahan pada edit HTML tadi. Bagi anda yang belum mengerti terkait dengan cara membuat menu navigasi, maka artikel di bawah ini mungkin bisa membantu anda.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Menu Navigasi Privacy Policy

Nah, cara di atas merupakan langkah mengatur menu navigasi pada sebuah blog maupun web. Selanjutnya mengatur LABEL atau KATERORI dan juga ARSIP BLOG. Menu ini juga di anggap penting. Apa lagi blog tersebut sengaja anda buat khusus untuk mendaftar google adsense nantinya.

Mengatur Menu Navigasi Popular Post, Recent Post, dan Arsip Blog
Untuk mengatur navigasi seperti Popolar Post, Recent Post, dan juga Arsip Blog. Maka anda perlu kembali ke TATA LETAK dasbor blog. Sebelum kembali, maka pastikan menyimpan semua perubahan yang sudah anda atur sebagai menu navigasi di atas tadi.

Langkah Mengatur Menu Tata Letak
  • Silahkan kembali ke dasbor blog dan klik pada TATA LETAK.
  • Nah, pada tata letak, silahkan tambahan gadget untu mengatur popular post atau artikel popular, arsip blog, label, dan juga artikel terbaru.
  • Selanjutnya anda akan dibawa ke laman pilihan menu. Pilih sesuai kebutuhan untuk ditampilkan pada blog anda seperti label, arsip, dan artikel populer.
  • Bila sudah dapat, maka klik pada tambah (+) untuk menambahkan menu tersebut pada blog anda.
  • Silahkan tambahkan satu persatu, baik dari LABEL, ARSIP BLOG, dan sebagainya.

Demikian cara mengatur serta menambahkan menu navigasi pada blog. Banyak menu lainnya sebagai pelengkap seperti sosial media. Hal ini juga sama dengan menerapkan link pada menu sosial media yang terdapat pada kode edit HTML di dalam template blog anda. Semoga dengan adanya cara mengatur navigasi ini dapat memudahkan anda dalam hal merapikan blog, menstrukturkan, dan sebagainya.

Artikel ini khusus untuk blogger pemula yang belum sebegitu paham terkait cara mengatur navigasi. Namun untuk anda yang sudah sangat paham dan merasa ada yang kurang dengan artikel di atas. Maka boleh meninggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini guna untuk melengkapi artikel di atas. Bila artikel ini merasa ada manfaatnya, maka silahkan membagikan ke kawan kawan yang lain.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon