Rabu, 19 Juli 2017

Pengolahan Belimbing Sayur Menjadi Asam Sunti

Mata Lhoong | Belimbung sayur dalam bahasa Aceh adalah (Boh Limeng) merupakan buah yang sering diolah menjadi asam sunti. Buah ini beragam manfaat yang dapat dirasakan, selain untuk dijadikan bumbu dapur, disajikan dalam sayur,  juga dapat digunakan sebagai ramuan kesehatan. Sebagai oleh oleh khas Aceh. Sunti ini diolah secara tradisional dari era moyang dulu hingga sekarang ini.

Tidak ada yang tidak mengenal belimbing sayur, hanya nama sebuatan saja yang mungkin berbeda tiap daerah. Namun, buah ini secara umum sudah sangat dikenal. Ada juga yang menyebutnya belimbing wuluh, namun dalam bahasa latin disebut "Averrhoa bilimbi". Menurut wikipedia, belimbing sayur ini sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia.

Cara mengolah belimbing sayur atau wuluh

Tidak hanya di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan juga Malaysia pun sudah banyak terdapat belimbing sayur. Namun, untuk saat ini, belimbing sayur termasuk salah satu khas di Aceh sebagai oleh oleh untuk pengunjung luar. Asam sunti pun sudah mulai di ekspor antar daerah baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

Nah, lalu bagaimana cara mengolah belimbing sayur menjadi asam sunti? Berikut informasinya persembahan matalhoong.com yakni di bawah ini:
  1. Selesai memetik belimbing, maka kumpulkan ke dalam satu tempat seperti ember atau sejenisnya.
  2. Baiknya direndam satu sampai dua malam dengan tujuan agar buah belimbing ini bisa lebam secara merata atau menjadi masak.
  3. Selanjutnya, silahkan menjemur pada terik hari agar belimbing yang sudah setengah lebam dapat kering merata.
  4. Pada saat belimbing ini setengah lebam, silahkan diaduk dengan garam agar rasa belimbing setelah menjadi sunti lebih nikmat.
  5. Garam yang diaduk dengan belimbing tentu ada takaran masing masing. Artinya tidak asal aduk.
  6. Jemur hingga kering sampai belimbing menjadi kecil kecil dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  7. Belimbing yang sudah menjadi sunti tentu sangat tahan lama. Bisa disimpan hingga tahunan.
  8. Untuk lebih jelas, anda bisa melihat pada gambar di bawah ini proses pengolahan belimbing sayur menjadi sunti.

Cara tradisional dilakukan mengolah belimbing sayur

Nah, pada tahap penjemuran belimbing tentu harus dijaga. Selain tidak diganggu sama binatang, juga bisa diacak acak dengan tujuan belimbing ini bisa kering merata. Kalau mataharinya bagus, maka proses pengolahan belimbing ini memakan waktu hingga 3 sampai dengan 4 hari. Namun, kalau cuacanya kurang bagus, maka sedikit memakan waktu lama.

Sejauh proses pengolahan belimbing sayur untuk dijadikan sunti dengan cara yang benar. Maka, sunti tersebut dapat disimpan dalam waktu yang lama. Namun, kalau proses pengolahan nya tidak benar, maka belimbing yang sudah menjadi asam sunti tentu tidak bertahan lama. Untuk itu, perlu belajar cara mengolah belimbing sayur menjadi asam sunti yang berkualitas tinggi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon